Kamis, 20 September 2018
Home/ Berita/ Syafiq: Mari Junjung Tinggi dan Pelihara Islam

Syafiq: Mari Junjung Tinggi dan Pelihara Islam

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAKASSAR— Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan menggelar pengajian ramadhan pada 19-21 Mei 2018 di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Pengajian tersebut mengusung tema “Meneguhkan Aqidah untuk Memperkuat Darul Ahdi Wa Al-syahadah”. Pengajian ramadan ini diikuti anggota PWM, para pengurus majelis dan lembaga PWM Sulsel, Organisasi Otonom, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Sulsel, dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah se-Sulsel.

Ketua PWM Sulsel, Ambo Asse mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi penguatan ideologi persyarikatan serta  meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ajaran islam.

"Pengajian ini telah menjadi rutinitas tahunan Muhammadiyah, namun, pengajian ramadan tahun ini dilakukan lebih awal karena kami akan melakukan pengajian dalam dua bentuk,” ujar Ambo.

Ambo menambahkan, PWM Sulsel akan melakukan pengajian dengan mendatangi masjid-masjid se-Sulsel yang dapat dijangkau.

Mengenai tema “Memperkuat Darul Ahdi Wa Al-syahadah, kata Ambo, itu untuk mengkaji kondisi aktual umat dan bangsa hari ini.

Menurut Ambo, Darul Ahdi Wa Syahadah merupakan hasil Muktamar 47 yang di dalamnya membahas NKRI dan kedaulatan. Oleh karena itu, penguatan dilakukan untuk menyikapi persoalan umat dan bangsa.

Sementara Ketua PP Muhammadiyah, Syafiq A Mughni, mengatakan bahwa umat Islam adalah umat yang paling pesat perkembangannya dibandingkan agama lain. Seiring dengan itu, muncul juga masalah-masalah tentang keislaman.

"Tantangan umat Islam sekarang banyak, salah satunya yang paling serius adalah Islamphobia atau ketakutan terhadap Islam," terangnya.

Ada dua pemicunya kata Syafiq, yakni ketidakpahaman terhadap Islam oleh non muslim, dan ketakutan dari umat Islam sendiri. Dua pemicu itulah persoalannya, dan disitulah peran Muhammadiyah untuk menepisnya.

"Pemicu kedua ini yang banyak melanda sekarang, dan itu terjadi karena adanya kedangkalan dalam memahami ajaran sendiri bagi umat Islam. Sehingga mari bersama-sama kita terus menjunjung tinggi dan memelihara islam," tambahnya. (nisa)

Kontributor: Kasri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *