Minggu, 27 Mei 2018
Home/ Berita/ Rumuskan Dakwah Strategis Melalui Seni dan Budaya, LSBO PP Muhammadiyah Gelar Rakernas

Rumuskan Dakwah Strategis Melalui Seni dan Budaya, LSBO PP Muhammadiyah Gelar Rakernas

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SIDOARJO – Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada tanggal 27 hingga 28 April 2018 bertempat di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA).

Disampaikan oleh Ketua LSBO Pimpinan Pusat Muhammadiyah Sukriyanto AR, LSBO telah merumuskan rencana strategis di bidang seni budaya, bahwa Muhammadiyah akan mengembangkan seni budaya yang bernafaskan Islam dan mencerahkan peradaban manusia sebagai makhluk yang berbudaya dan berakhlak mulia.

Untuk merealisasikan rencana strategis tersebut dibuatlah garis besar program, diantaranya yaitu pertama, mengembangkan potensi seni dan budaya Islami yang menghidupkan fitrah kemanusiaan yang halus, indah, dan berakhlak mulia sebagai basis pembentukan peradaban muslim yang menjadi rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil ‘aalamiin).

Kedua, mengapresiasi dan melakukan seleksi terhadap perkembangan seni dan budaya masyarakat sebagai bagian dari ikhtiar membangun peradaban umat manusia yang sesuai dengan tujuan Muhammadiyah.

Ketiga, mengembangkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam memproduksi hasil-hasil kreativitas seni dan budaya yang mengarah pada terbentuknya peradaban umat yang sesuai dengan fitrahnya sebagai makhluk Allah Swt.

“Selain di bidang seni budaya, Muhammadiyah juga merumuskan kebijakan strategis di bidang olahraga yang merupakan bidang tak terpisahkan (integrated) dari seni budaya dalam mengembangkan sumber daya manusia. Seni budaya dan olahraga ibarat dua sisi dalam sebuah mata uang dalam pengembangan sumber daya insani agar sehat jasmani dan rohani,” terang Sukriyanto seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima redaksi pada Rabu (25/4).

Selain itu, Sukriyanto juga mengungkapkan bahwa Rakernas ini juga memiliki tujuan untuk merumuskan berbagai program kerja di bidang seni budaya dan olahraga baik yang sasarannya warga dan simpatisan Muhammadiyah pada umumnya, maupun guru (ustadz/ustadzah), pelajar sekolah/madrasah Muhammadiyah, dan mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah seluruh Indonesia.  

Akan hadir pada pembukaan Rakernas yang akan berlangsung pada Jumat (27/4) diantaranya Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dan juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. (adam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *