Rabu, 22 Agustus 2018
Home/ Berita/ Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya Gelar Geladi Lapang

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya Gelar Geladi Lapang

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PALANGKA RAYA - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah bersama RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya menggelar geladi lapang penanggulangan bencana kebakaran di RS pada Selasa, (6/2). Kegiatan tersebut merupakan akhir dari program peningkatan kapasitas rumah sakit dan masyarakat menuju aman bencana.

Sebelum geladi lapang, RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya juga melaksanakan rangkaian geladi, mulai dari geladi ruang, geladi keterampilan, dan geladi posko sejak bulan Oktober 2017. Geladi lapang ini merupakan puncak dari keseluruhan geladi dalam program kesiapsiagaan rumah sakit dan kesiapan masyarakat untuk kedaruratan dan bencana yang diinisiasi oleh MDMC PP Muhammadiyah.

Dijelaskan Budi Santoso, Direktur Geladi Lapang RSI PKU Muhammadiyah Kota Palangkaraya, kegiatan ini bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan operasional sistem komando penanganan darurat bencana di rumah sakit.

“Skenario yang digunakan dalam geladi lapang ini menggunakan kondisi sesungguhnya di rumah sakit,” jelasnya.

Budi juga mengatakan, geladi lapang ini juga akan menguji sistem komando penanganan darurat bencana di RSI PKU Muhammadiyah Kota Palangka Raya. Sejumlah stakeholders dalam penanggulangan bencana di tingkat kota Palangka Raya akan turut serta dalam geladi ini. Personel BPBD Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Basarnas, MDMC Kota Palangka Raya, dan Masyarakat di lingkar rumah sakit (mastana) di Kelurahan Langkai dan Menteng akan terlibat dalam geladi ini.

“Diharapkan melalui geladi lapang ini, pihak rumah sakit dan para pihak dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menurunkan risiko bencana di dalam rumah sakit,”pungkasnya.

Sumber: MDMC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *