Sabtu, 27 Agustus 2016
Home/ Berita/ Muhammadiyah Maklumatkan Awal Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah 1433H

Muhammadiyah Maklumatkan Awal Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah 1433H

Yogyakarta- Dalam Tanwir Muhammadiyah di Bandung lalu, Muhammadiyah telah mengeluarkan Maklumat dengan nomor : 01/MLM/I.0/E/2012 tentang penetapan Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah 1433 Hijriyah, serta himbauan menyambut Ramadhan 1433H. Dengan Maklumat yang ditandatangani ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan juga sekretaris umum PP Muhammadiyah Agung Danarto, Muhammadiyah secara resmi telah menetapkan awal puasa, Idul Fitri, dan juga Idul Adha 1433 Hijriyah.

 

Menurut ketua majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar, penentuan awal bulan Ramadhan, Syawwal dan Dzulhijjah ini sebenarnya sudah dapat ditentukan jauh-jauh hari, seperti dalam kalender Masehi. “Sistem penanggalan yang baik adalah suatu sistem kalender yang dapat memberikan penjadwalan waktu yang akurat dan pasti jauh ke depan sehingga bisa dipedomani jauh-jauh hari sebelumnya,” jelasnya, Kamis (28/06/2012). Sebelumnya ketua umum PP Muhammadiyah juga telah menegaskan bahwa Muhammadiyah tetap dengan metodenya menggunakan ilmu esakta, yaitu astronomi, untuk menetapkan awal puasa Ramadhan dan Idul Fitri.

 

Berikut download Maklumat  tentang penetapan Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah 1433 Hijriyah, serta himbauan menyambut Ramadhan 1433H, dan penjelasan hisab 1433 oleh wakil ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Oman Fathurohman.

 

1. Maklumat

2. Penjelasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *