Sabtu, 21 April 2018
Home/ Berita/ SAR Mapala Muhammadiyah Harus Jadi Tameng Kebencanaan

SAR Mapala Muhammadiyah Harus Jadi Tameng Kebencanaan

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LUWUK – Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) adalah salah satu wadah kegiatan bermanfaat yang bisa jadi pilihan mahasiswa. Mapala banyak membantu masyarakat, salah satunya dalam hal kebencanaan. Hal ini menjadi pendukung program Muhammadiyah yang responsif terhadap kebencanaan di tanah air.

Demikian seperti yang disampaikan Rektor Universitas Muhammadiyah Palu Rajindra Rum kepada Pengurus Pusat SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia (SARMMI) usai Deklarasi Rayon 7 SARMMI yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Luwuk Sabtu (16/12).

“Saya berharap kegiatan positif Mapala ini bisa diterapkan oleh seluruh Mapala yang ada, termasuk Mapala UM Palu yaitu Mapala Hiwata,” ujarnya.

Kemudian Ketua Rayon 7 SARMMI Ade  Putra Ode Amane menyampaikan, kegiatan SARMMI adalah implementasi dari Mukadimah Muhammadiyah, Tri Dharma Perguruan Tinggi, Catur Dharma PTM, Kode Etik Pecinta Alam Indonesia, serta Ikrar Mapala PTM se-Indonesia.

“Di samping operasi SAR bencana alam, kegiatan SARMMI lainnya adalah menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan skill anggota Mapala PTM dalam bidang kebencanaan. Peningkatan SDM mutlak dilakukan, sesuai amanat Majelis Diktilitbang, SARMMI harus menjadi tameng terdepan Muhammadiyah di setiap bencana yang terjadi di tanah air,” kata Ade Putra. (nisa)

Sumber: Ahyar Stone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *