Selasa, 16 Oktober 2018
Home/ Berita/ Di Depan Presiden Jokowi, Dahnil Anzar Bacakan Deklarasi Pemuda Islam

Di Depan Presiden Jokowi, Dahnil Anzar Bacakan Deklarasi Pemuda Islam

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KLATEN – Pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda Ansor menyelenggarakan Apel Akbar dan Kemah Kebangsaan pada Sabtu (16/12) bertempat di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak didaulat untuk membacakan Deklarasi Pemuda Islam dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terdapat empat poin Deklarasi Pemuda Islam yang dibacakan Dahnil, yaitu:

1. Kami Pemuda Islam Indonesia sadar tugas sejarah terbesar kami adalah bersungguh-sungguh mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia dan turut serta menciptakan perdamaian dunia.

2. Bahwa tugas sejarah tersebut hanya bisa dituntaskan jika Pemuda Islam Indonesia mampu menjaga ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama muslim) yang ditujukan untuk kebaikan bersama, ukhuwah wathoniyah (persaudaraan dalam ikatan kebangsaan), dan ukhuwahbasyariyah (persaudaraan sesama umat manusia).

3. Bahwa untuk menjaga trilogi persaudaraan tersebut, Kami Pemuda Islam Indonesia bertekad untuk menjaga ketaatan penciptaan (hablum minallah), memelihara hubungan sesama manusia (hablum minannas) dengan menerima keragaman sebagai sunnatullah yang niscaya, dan terus menjaga alam (hablum minal alam) dengan menjaganya dari kerusakan-kerusakan serta penguasaan alam oleh kelompok-kelompok tertentu dan mengembalikannya untuk kemanfaatan seluruh umat manusia.

4. Kami Pemuda Islam Indonesia meyakini ikhtiar-ikhtiar kebaikan tersebut mutlak dilakukan untuk menjamin bumi yang kita tinggali ini lestari dan maslahat demi keberlangsungan hidup anak cucu dan generasi mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *