Senin, 18 Desember 2017
Home/ Berita/ Yunahar: Masjid Memiliki Peran dalam Memajukan Pendidikan

Yunahar: Masjid Memiliki Peran dalam Memajukan Pendidikan

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA -- Masjid merupakan salah satu sarana penting bagi umat muslim. Selain tempat ibadah, keberadaan masjid juga bisa dijadikan sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Hal tersebut seperti dikatakan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yunahar Ilyas. Yunahar mengatakan bahwa masjid punya peran penting sebagai media untuk pengadaan halaqah seperti halaqah hadist, bahasa, fikih dan lain sebagainya.

“Masjid bisa menjadi awal untuk membangun pusat studi, seperti Al Azhar, awal mulanya merupakan masjid lalu berkembang menjadi kampus, ini suatu hal yang luar biasa,” ujar Yunahar saat memberikan sambutan pada acara Peresmian Masjid Kampus UMS Hj Sudalmiyah Rais, Ahad siang (3/12).

Kemudian Yunahar menyampaikan bahwa masjid adalah salah satu hal yang harus dekat dengan mahasiswa, setelah ulama dan Al-Qur’an.

“Mahasiswa itu harus dekat dengan tiga hal yakni masjid, ulama dan Al-Qur’an. Khususnya untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah, wajib untuk dekat dengan tiga hal itu,” ujarnya.

Menurut Yunahar, substansi utama masjid memang sebagai tempat bersujud, namun selain itu bisa dijadikan untuk tempat belajar dalam rangka meningkatkan kualitas diri.

“Menjadi mahasiswa itu bukan sebatas untuk menjadi sarjana yang baik secara akademik, namun juga harus diiringi dengan kualitas diri, akhlak terpuji dan bisa bermanfaat untuk persyarikatan Muhammadiyah,” ucap Yunahar. (nisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *