Senin, 18 Desember 2017
Home/ Berita/ AMM Kota Yogyakarta Reaksi Cepat Bantu Korban Banjir dan Longsor di DIY

AMM Kota Yogyakarta Reaksi Cepat Bantu Korban Banjir dan Longsor di DIY

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA - Menyikapi bencana alam banjir dan longsor di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang menyebabkan kerugian secara materiil maupun non materiil hingga jatuhnya korban jiwa, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Yogyakarta membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC), untuk merespon bencana alam disejumlah titik.

Diungkapkan Anang Amiruddin Nugroho selaku Ketua Koordinator AMM Kota Yogyakarta, TRC ini adalah sebagai forum bagi Ortom untuk nantinya dibarengkan kegiatannya bersama dengan MDMC Kota Yogyakarta, KOKAM SAR Kota Yogyakarta dan LazisMu Kota Yogyakarta.

"Kegiatan yang dijalankan TRC AMM Kota Yogyakarta ini bertujuan untuk mendorong kepedulian, penjiwaan altruisme tentang kemanusiaan, dalam diri kader di ortom-ortom Kota Yogyakarta", tambahnya.

Dalam pelaksanaan tim TRC, ada beberapa titik longsor dan banjir yang sudah diatasi terutama di Kota Yogyakarta dan beberapa daerah di Bantul, Yogyakarta. Seperti di Kota Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Wirobrajan. Hari Jumat (1/12) yang bertepatan dengan TRC membantu penanganan dalam kasus bencana alam longsor yang menyebabkan beberapa Kepala Keluargaterpaksa harus diungsikan.

TRC juga membantu pendistribusian di daerah Wunut, Imogiri, Bantul yang aksesnya sempat terhambat dikarenakan putusnya jalur jalan.

Ahsanul Fikri selaku Korlap TRC Wunut mengatakan pendistribusian bantuan ke daerah Wunut, Imogiri, Bantul ini berupa pakaian pantas pakai, sembako, dan uang sumbangan dari para dermawan.

"Untuk teknis distribusi bantuan, kami harus berjalan kaki kurang lebih 30 menit, karena jalan sempat terputus, yang tidak bisa dilewati kendaraan. Kami menggandeng tim Pramuka UAD untuk bekerjasama dalam mendistribusikan bantuan. Alhamdulillah bisa tersalurkan", pungkasnya.

Kontributor: Nur Wachid/AMM Kota Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *