Senin, 18 Desember 2017
Home/ Berita/ Mendikbud: Muhammadiyah Tidak Diragukan Keterlibatannya dalam Penanggulangan Bencana

Mendikbud: Muhammadiyah Tidak Diragukan Keterlibatannya dalam Penanggulangan Bencana

MALANG, MUHAMMADIYAH.OR.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy menilai bahwa Muhammadiyah tidak diragukan keterlibatannya dalam masalah penanggulangan bencana.

“Muhammadiyah dalam konteks penanggulangan bencana, tidak perlu diragukan keterlibatannya, sejak Gempa dan Tsunami di Aceh, Gempa di Jogja hingga sekarang,” ujarnya pada sambutan pembukaan Jambore Relawan Muhammadiyah, di DOME UMM, Jumat (1/12).

Muhadjir menambahkan peran Muhammadiyah dalam membangun bangsa Indonesia tertuang dalam hasil Muktamar Muhammadiyah di Makassar, bahwa saat ini Muhammadiyah memiliki kekuatan prima dalam menuju Indonesia yang berkemajuan, Kekuatan pertama di Bidang Pendidikan, kekuatan kedua di Bidang Kesehatan, kekuatan ketiga di bidang Kesejahteraan Sosial, kekuatan keempat di bidang Ekonomidan kekuatan kelima bidang penanggulangan bencana. “Saya kira kekuatan kelima perlu ditambahkan dalam peran Muhammadiyah ini,” ujarnya.

Peran Muhammadiyah tentunya sangat besar dalam penggulangan bencana, Muhammadiyah banyak memiliki ilmuan, doktor-doktor ahli di bidang kebencanaan, artinya menurut Muhadjir, Muhammadiyah perannya sangat dinantikan dalam mewujudkan kekuatan kelima Muhammadiyah ini.

Jambore Relawan Muhammadiyah ke 2 ini digelar hingga tanggal 3 Desember 2017. Dihadiri pula oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan,  Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Fauzan, dan Ketua PP Muhammadiyah Hajriyanto Tohari. (afandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *