Senin, 18 Desember 2017
Home/ Berita/ Galeri Investasi BEI UMY Raih Penghargaan Kategori Inovasi

Galeri Investasi BEI UMY Raih Penghargaan Kategori Inovasi

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL - Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI)merupakan sebuah sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi.

Galeri Investasi BEI merupakan sebuah lembaga 3 in 1 yaitu Bursa Efek Indonesia, Sekuritas dan Perguruan Tinggi. Galeri Investasi di Indonesia total keseluruhan berjumlah 319 Galeri Investasi. Sebagai bentuk apresiasi sekaligus untuk meningkatkan motivasi terhadap Galeri Investasi BEI yang ada maka BEI menganugerahkan penghargaan dengan empat kategori yaitu pertumbuhan Peningkatan Jumlah Rekening, Nilai Transaksi, Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi, serta kategori Inovasi.

Dalam acara penganugrahan tersebut Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY) mendapatkan penghargaan BEI Award untuk kategori Inovasi. Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Kepala Galeri Investasi BEI UMY Iskandar Bukhori di Gedung BEI Jakarta 15 November 2017. Penghargaan tersebut adalah penghargaan keempat yang diraih Galeri Investasi BEI UMY. Setelah sebelumnya pada tahun 2016 mendapatkan penghargaan untuk kategori Peningkatan Jumlah Rekening.

Selain itu, dalam empat tahun terahir Galeri Investasi UMY mendapatkan 10 kali nominasi dan 6 diantaranya mendapatkan Award. “Untuk tahun 2017 ini Galeri Investasi UMY mendapatkan 2 nominasi untuk kategori Peningkatan Jumlah Rekening dan yang mendapatkan adalah kategori Inovasi,” jelas Iskadar Bukhori ketika diwawancarai oleh tim BHP UMY, Rabu (22/11).

Menurut Iskandar, faktor yang menjadikan Galeri Investasi BEI UMY mendapatkan penghargaan salah satunya adalah program Nikahku Maharku yang merupakan pertama kali di Indonesia. “Ada 4 program yang kemungkinan menjadi pertimbangan BEI terhadap Galeri Investasi UMY untuk diberikan penghargaan kategori Inovasi. Empat program tersebut yaitu Real Trading Competition dengan akun real yang belum pernah dilaksanakan pada umumnya, Videogram yang mendukung program bursa efek, Company Visit, dan yang paling terbaru adalah menikah dengan mahar menggunakan saham yang mencerminkan investasi sejak dini,” jelasnya.

Untuk program kedepannya Galeri Investasi BEI UMY akan mengadakan program edukasi kepada Civitas Akademika UMY, Siswa-siswi SMA serta masyarakat. “Rencanya kami akan mengadakan sekolah pasar modal (SPM) untuk kalangan siswa-siswi SMA. Kami saat ini masih fokus kepada Civitas Akademika, untuk melihat efektifitas dari sosialisasi tersebut. Tapi kami tidak menutup edukasi terhadap masyarakat juga,” tutur Iskandar lagi.

Iskandar Bukhori berharap untuk kedepannya bisa lebih baik lagi khususnya berkaitan dengan Galeri Investasi BEI UMY. “Saya berharap ada peningkatan antusiasme dan literasi tentang investasi pasar modal di kalangan civitas akademika UMY,” harapnya. 

Dalam acara penganugerahan tersebut, Galeri Investasi lainnya yang juga mendapat penghargaan yakni Galeri Investasi BEI STIE Kesatuan Bogor dengan Anggota Bursa mitra MNC Sekuritas menerima penghargaan untuk kategori Peningkatan Jumlah Rekening Efek tahun 2017, Galeri Investasi BEI di Universitas Maranatha Bandung dengan Anggota Bursa mitra Sinarmas Sekuritas meraih penghargaan untuk Kategori Nilai Transaksi, dan Galeri Investasi BEI di IAIN Bengkulu dengan Anggota Bursa mitra FAC Sekuritas Indonesia meraih  untuk kategori Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi. (zaki/BHP UMY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *