Sabtu, 18 November 2017
Home/ Berita/ Nasyiah Sulteng: Perempuan Adalah Manajer dalam Rumah Tangga

Nasyiah Sulteng: Perempuan Adalah Manajer dalam Rumah Tangga

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PALU – Nasyiatul Aisyiyah (NA) bersama ormas perempuan lainnya, yakni Fosma dan Wanita Islam Alkhairaat (WIA) menggandeng Pegadaian Syariah Palu pada Sabtu (11/11) dan menggelar pelatihan bertajuk “Manajemen Keuangan Keluarga menuju Masa Depan Bahagia” di Kantor Pegadaian Cabang Palu.

Ada dua pembicara pada kegiatan tersebut, yakni Kepala Cabang Pegadaian Syariah Palu, Anwar Hidayat dan Ketua Umum Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sulteng, Nova Herlina. Dalam paparannya, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sulteng Nova Herlina mengatakan perempuan sebagai manajer dalam rumah tangga harus mampu berperan sebagai motivator, organisator, dan eksekutor. “Kalau peran konseptor, ada di tangan suami sebagai kepala rumah tangga, sedangkan tugas kita sebagai perempuan atau istri adalah manajer," jelas Nova.

Nova mengatakan, masa depan keluarga yang bahagia ditentukan oleh semua pihak dalam keluarga, tetapi sebagai seorang manajer, maka istri harus bisa menjadi penentu dengan terus menerus memberikan motivasi dan mengorganisir urusan rumah tangga dengan baik, termasuk dalam pengelolaan manajemen keuangan keluarga.

Menurut Nova, dalam pengelolaan keuangan itu, seorang istri harus mampu mengupayakan menyisipkan dana untuk berhaji ke Baitullah, karena berhaji bukanlah pilihan, tetapi kewajiban. “Bahkan dalam syariat Islam yang dikhususkan untuk perempuan, manula, dan orang yang lemah, berhaji dan umroh adalah bentuk jihad fisabilillah,” jelasnya.

Berhaji menurut Nova, sebagai bentuk amalan yang utama, sehingga tugas para Istri harus mampu mengarahkan atau menyisihkan pendapatan keluarga agar kelak bisa berhaji ke Baitullah. “Kami dari Nasyiatul Aisyiyah sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak Pegadaian Syariah yang telah bersedia mendorong dan memberikan perhatian terhadap masa depan keluarga Muslim yang bahagia dan kelak bisa berhaji ke Baitullah,” pungkasnya. (nisa)

Sumber: Fery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *