Sabtu, 18 November 2017
Home/ Berita/ Apel Akbar KOKAM Tekankan Komitmen Keislaman dan Nasionalisme

Apel Akbar KOKAM Tekankan Komitmen Keislaman dan Nasionalisme

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KARANGANYAR - Komando Kesiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Jawa Tengah pada Ahad (22/10) menggelar Apel Akbar Sumpah Pemuda dan Jambore ke 7 bertempat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan dalam sambutannya meminta KOKAM, khususnya Pemuda Muhammadiyah untuk dapat meluruskan pemahaman yang salah tentang Pancasila, agama dan NKRI.

"Kokam terdepan dalam meluruskan, karena hari-hari ini kita melihat orang yang benar-benar menjalankan syariat agama malah dianggap jauh dari Pancasila dan NKRI. Mereka yang memekikkan takbir dianggap radikal.  Pemahaman ini sudah salah," kata Zulkifli.

Zulkifli optimis kader Kokam akan tetap membawa misi perjuangan seperti halnya para pejuang dan pendiri bangsa dari Muhammadiyah. Selain itu, Zulkifli juga mengatakan Kokam perlu mengawal jalannya pemerintahan sekarang.

Sementara itu Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyampaikan rangkaian kegiatan apel akbar dan jambore sudah dilaksanakan sejak Sabtu (21/10). Rencana kegiatan ditutup pada Senin (23/10).

Dahnil menjelaskan bahwa kegiatan tersebutbertujuanuntuk memperkuat kembali tiga hal kepada seluruh peserta yang hadir. Tiga hal itu adalah menjaga ukhuwah islamiah, komitmen menjaga NKRI, dan toleransi yang otentik.

"Jangan sampai menerjemahkan identitas keislaman sebagai anti-Pancasila. Justru keislaman itu sesuai dengan Pancasila. Merawat ukhuwah islamiah tanggung jawab dasar. Kami mempertegas komitmen menjaga NKRI dan Pancasila. Bagi kami, berislam punya satu tarikan nafas dengan ber-NKRI," kata Dahnil.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengapresiasi pelaksanaan Jambore ke-7 Kokam Jateng di Karanganyar berjalan lancar. Dalam kesempatan itu Juliyatmonoturut mengingatkan peran Muhammadiyah pada masa perjuangan.

"Kokam harus andil dalam mengawal itu semua," pungkas Juliyatmono.(adam)

Sumber Foto: Kokam Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *