Sabtu, 18 November 2017
Home/ Berita/ SSR TB-HIV Care 'Aisyiyah Klaten Susun Rencana Aksi Penanggulangan TB

SSR TB-HIV Care 'Aisyiyah Klaten Susun Rencana Aksi Penanggulangan TB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KLATEN – Sub Recipient (SSR) Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Klaten mengadakan Road Map rencana aksi dalam penanggulangan Tuberculosis di Hotel Galuh Prambanan, pada tanggal 16 hingga 17 Oktober 2017.

Muhammad Habibi Miftakhul Marwa, Ketua Panitia Road Map mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjabarkan 5 pilar Road Map menjadi rencana aksi bersama stakeholder yang diantaranya terdiri dari NGO, CSO, FBO untuk mencapai target eliminasi TB serta merealisasikan fungsi dan peran masing-masing stakeholder dalam penanggulangan TB di Klaten.

5 pilar Road Map yang akan diturunkan menjadi rencana aksi bersama bagi setiap instansi diantaranya yakni tentang internalisasi program baik di internal maupun eksternal Muhammadiyah/'Aisyiyah, dan dukungan terhadap program untuk TB HIV, TB MDR.

“Ada 20 instansi yang kita libatkan dalam road map ini diantaranya yaitu Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul 'Aisyiyah, Bappeda, Dinas Kesehatan,Majelis Kesehatan Aisyiyah, Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa, Penyelenggara agama Katolik dan Hindu Kemenag Klaten, RSUD Bagas Waras,” ujar pria yang juga menjabat sebagai koordinator program SSR TB-HIV Care ‘Aisyiyah Klaten, Selasa, (17/10).

Habibi mengungkapkan, kegiatan Road Map ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting yang ditandatangani bersama, diantaranya yaitu penanganan TB, peningkatan peran masyarakat dalam penanggulangan TB khususnya pada Kepala Desa, dan mendorong pemerintah untuk melaksanakan Rencana Aksi Daerah (RAD) TB tahun 2018.

M Sabbardi selaku koordinator SR TB HIV Care 'Aisyiyah Jawa Tengah juga menambahkan, bahwa RAD merupakan acuan dalam melakukan koordinasi perencanaan, pelaksanaan kegiatan pemantauan serta evaluasi untuk mencapai sinergi dalam peningkatan penanggulangan TB di Klaten.

Lanjut Sabbardi, dalam kegiatan Road Map tersebut juga dipaparkan tentang kondisi anggaran kesehatan dan TB-HIV, kondisi kebijakan dan anggaran kesehatan tentang TB-HIV serta penyampaian 5 pilar roadmap pengendalian TB dan lainnya.

Kegiatan ini turut dihadir M. Nurcholis Majid, Anggota komisi IV DPRD Kabupaten Klaten. (tuti)

Sumber : Aisyiyah Klaten

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *