Sabtu, 18 November 2017
Home/ Berita/ IMM AR Fakhruddin Manfaatkan Pengembangan Sistem E-Voting dalam Proses Pemilihan Formatur

IMM AR Fakhruddin Manfaatkan Pengembangan Sistem E-Voting dalam Proses Pemilihan Formatur

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) AR Fakhruddin Kota Yogyakarta aplikasikan sistem  E-Voting untuk pemilihan formatur dalam Musyawarah Cabang (Musycab) pada Selasa (17/10) bertempat di Asrama SLB N 1 Bantul Yogyakarta.

Disampaikan Fajri Fauzi ketua bidang organisasiPC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta bahwa semakin cepatnya perubahan zaman yang terjadi, e-votingdapat menjadi salah satu terobosan untuk mengefisiensikan waktu dalam proses pemilihan formatur.

“Pada zaman teknologi yang semakin canggih ini, semakin mempermudah kita dalam  mengefisiensi dan mengefektifkan suatu pekerjaan, seperti  halnya sistem e-votingyang kami lakukan, sebagai inovasi baru untuk efektifitas waktu,” ungkapnya.

Lebih lanjut Fajri menyampaikan, sistem e-votingini dilakukan dengan cara mengoperasikan dengan menggunakan laptop yang sudah tersistem dengan memunculkan nama-nama calon formatur yang dilihatkan melalui LCD, setelah itu dilakukan sosialisasi singkat terkait sistematika pemilihan melalui e-voting.

“Setelah peserta mengetahui calon-calon formatur, diberikan sosialisasi singkat pada peserta, selanjutnya peserta dipersilahkan untuk memilih sejumlah 13 calon formatur dari 21 calon formatur dengan cara meng-klik nama-nama calon formatur yang disediakan oleh operator, setelah selesai barulah dilihatkan hasil polling suara secara transparan,” jelas Fajri.

Salah satu panitia yang terlibat Muhammad Hanif mengungkapkan bahwa melalui  proses yang sangat sederhana dan berbasis teknologi ini dapat menghasilkan efisiensi waktu dan transaparansi hasil pemilihan suara yang mampu memberikan inovasi dalam pemilihan formatur PC IMM AR Fakhruddin kota Yogyakarta.

“Dengan e-votingini meminimalisir terjadinya kemunculan suara yang tidak sah. Proses ini pun sangat sederhana, peserta cukup maju dan kemudian memilih dengan meng-klik formatur pilihannya,” tandas Hanif.(dila)

Sumber: Sofia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *