Senin, 18 Desember 2017
Home/ Berita/ Ajarkan Siswa Teknik Jual Beli, SD Muhammadiyah Kemiri Gelar Market Day

Ajarkan Siswa Teknik Jual Beli, SD Muhammadiyah Kemiri Gelar Market Day

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO  -  Terapkan pembelajaran yang aktif kreatif, efektif dan menyenangkan, Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri Purworejo selenggarakan Market Day di salah satu ruang kelas pada Senin (18/9).

Disampaikan Widi Hastomo Kepala SD Muhammadiyah Kemiri, bahwa agenda ini melaksanakan perencanaan pembelajaran dalam silabus yang telah disusun. “Market day ini aplikasi langsung belajar terkait tema uang yang telah direncanakan dalam silabus pembelajaran pada kelas 3. Sehingga kelas 3 berlaku sebagai penjual dan turut diberdayakan siswa kelas 1 dan 2 sebagai pembelinya,” ungkap Widi.

Lanjutnya, harapan dari pembelajaran ini menjadi cara pembelajaran mengena daripada sekedar mendengarkan semata. “Harapan sekolah dari kegiatan ini memberikan kepada siswa pembelajaran langsung. Memberikan konsep-konsep dasar materi uang yang lebih mengena pada anak. Yakni anak mempraktekkan langsung cara penggunaannya dan kemampuan berhitung anak disini diasah,”ujarnya.

Pelaksanaan market day ini bekerja sama dengan wali siswa, yang turut menyediakan makanan sehat yang akan dijajakan oleh putra-putrinya. Makanan kali ini juga sekaligus makanan pengganti kue pagi yang diberikan setiap harinya dari sekolah.

Ditambahkan Syamsul Fuad salah satu wali siswa Sekolah Teladan SD Muhammadiyah Kemiri mengatakan dirinya sangat mendukung program Market Day ini, karena bisa menjadi tempat atau kesempatan bagi anak-anaknya belajar berhitung.

“Selain itu, dengan adanya market day, bisa menjadi pembekalan kelak dan menumbuhkan jiwa usaha serta kemandirian anak sejak dini,”tutup Syamsul. (tuti)

Kontributor : Akhmad Musdani 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *