Kamis, 21 September 2017
Home/ Berita/ Muhammadiyah dan Persis Bentuk Benteng Koordinasi

Muhammadiyah dan Persis Bentuk Benteng Koordinasi

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANDUNG – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada Rabu (13/9) malam mengunjungi Kantor Pusat Persatuan Islam (Persis) di Bandung. Haedar mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka silaturahim yang membentuk benteng koordinasi.

“Muhammadiyah dan Persis itu seperti saudara, bahkan dari lambang pun mirip. Bagi warga Jawa barat, kadang sulit untuk membedakan logo Muhammadiyah dan Persis,” ucap Haedar yang diterima langsung oleh Ketua Umum Persis Aceng Zakaria beserta jajarannya.

Selain itu, Muhammadiyah dan Persis juga memliki pandangan keagamaan yang sama, yakni Al-Quran dan Sunnah. Sehingga melalui pertemuan ini  Haedar berharap akan memperkuat ukhuwah.

“Ukhuwah itu mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Ukhuwah menjadi susah ketika masing-masing ada kepentingan yang berbeda. Harusnya kita saling mencari titik temu,” jelas Haedar.

Ukhuwah lanjut Haedar menjadi hal yang mudah ketika dalam keadaan yang aman, sebaliknya akan menjadi suatu hal yang berat ketika pada keadaan yang bergejolak.

“Dari aspek pemahaman agama, saat ini spektrum agama luas sekali. Berada dalam spektrum ini, menjadi makin berat dalam menyampaikan, juga menyoal pada kepentingan politik dan kepentingan lainnya, dimakan oleh pihak aparat dan lain-lain,” lanjut Haedar.

Senada dengan Haedar, Aceng juga berharap silaturahim tersebut menjadi pertemuan yang strategis untuk mendiskusikan persoalan bersama.

“Silaturahim ini kami jadikan sebagai momentum untuk mendiskusikan masalah keumatan yang memang perlu disinergikan dan dikoordinasikan agar kuat,” pungkas Aceng. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad, dan jajaran pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat. (nisa)

Foto: Raipan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *