Kamis, 21 September 2017
Home/ Berita/ Bahas Spirit Enterpreneur Dikalangan Pemuda, Mahasiswa UNISMUH Makassar Kunjungi PP Muhammadiyah

Bahas Spirit Enterpreneur Dikalangan Pemuda, Mahasiswa UNISMUH Makassar Kunjungi PP Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA - Dalam rangka program kuliah praktik dan studi banding, kurang lebih 60 orang mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar lakukan kunjungan ke Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, pada Selasa (22/8).

Kunjungan kali ini membahas tentang ‘Muhammadiyah dan Spirit Entrepreneur’, yang disampaikan oleh Bachtiar Dwi Kurniawan Sekretariat Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Bachtiar mengungkapkan pebisnis yang sukses biasanya tidak hanya datang dari kampus, tetapi datang dari wilayah knowledge, science dan praktek-praktek.

“Bagian dari softskills bisnis adalah learning by doing yang dititikberatkan pada inovasi dan pengambilan keputusan,” terang Bachtiar. 

Generasi muda saat ini, lanjut Bachtiar harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan agar perekonomian Indonesia semakin maju.

“Hal ini ditujukan untuk kelangsungan Indonesia di 30-40 tahun yang akan datang ketika Indonesia memiliki banyak lansia seperti yang saat ini dialami oleh Taiwan,” ungkap Bachtiar.

Menurut Bachtiar, dalam berbisnis juga dibutuhkan modal dan etika, yang berupa unsur tidak serakah dan unsur berbagi rezeki dan kebaikan. 

“Menyoal kapitalis, misalnya ketika menjamurnya Indomaret dan Alfamart menunjukkan bagaimana terbunuhnya warung-warung milik rakyat, ini menunjukan bahwa bisnis kapitalis tidak memakai etika dalam berbisnis,” jelasnya. 

Dengan demikian, Bachtiar mengimbau agar FEB Unismuh Makassar bisa mengasah kemampuan bisnis dan softskill. “Akan sangat baik jika FEB bisa melahirkan entrepreneur untuk mengisi kekosongan kebutuhan perekonomian di Indonesia,” tutupnya. (tuti/nisa) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *