Kamis, 21 September 2017
Home/ Berita/ Melalui Gerakan Literasi, SMK Famuba Cetak Pelajar Berkualitas

Melalui Gerakan Literasi, SMK Famuba Cetak Pelajar Berkualitas

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LEBAKSIU- SMK Farmasi Muhammadiyah Lebaksiu (FAMUBA) tidak berhenti dalam mencetak pelajar yang berkualitas. Salah satunya melalui gerakan literasi (GLS) yang rutin diadakan seminggu sekali.

Pada pertemuan yang dilaksanakan pada Sabtu, (19/8) GLS mengundang seorang narasumber yaitu Penulis, Sutono Suto.

Sebelum memulai materi, Sutono memberikan sebuah motivasi dari Sahabat Abi Thalib R.A. " Ikatlah Ilmu dengan Menulisnya,” ujarnya.

MenurutSutono,menulis itu memiliki banyak manfaat, diantaranya menyehatkan,bisa keliling dunia,membantu tugas sekolah,agar selalu berfikir,menambah teman,menuangkan ide dalam pikiran.

Ia juga berbagi tips tentang kiat-kiat menulis yang disambut antusias oleh peserta. "Tips-tips untuk menulis cerita yang pertama adalah dengan mengingat pengalaman,berandai-andai,banyak baca,memperhatikan lingkungan,dan bermain,"jelas dia.

Tidak hanya itu, Sutono juga mengajak para peserta bermain sekaligus berlomba, permainan  tersebut dinamakan starategi tiga katatujuannya untuk melatih bakat menulis para peserta, yang dimana para peserta diharuskan menulis cerpen dengan memilih awalan ketiga kata yang telah ditentukan dalam waktu 15 menit. Meski pada awalnya mengalami kesulitan akhirnya para peserta pun dapat menulis cerpen dengan imajinasi masing-masing dan cerita yang beraneka ragam. (Syifa)

Kontributor : Riza A. Novanto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *