Kamis, 23 November 2017
Home/ Berita/ Unisa Persembahkan Tenaga Kesehatan Terdidik Bagi Bangsa Indonesia

Unisa Persembahkan Tenaga Kesehatan Terdidik Bagi Bangsa Indonesia

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA -- Menyongsong peringatan hari ulang tahun ke-72 proklamasi kemerdekaaan RI, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) mewisudakan kurang lebih 589 mahasiswa. Semua wisudawan merupakan lulusan program studi bidang kesehatan yaitu Ilmu Keperawatan (84 orang), Fisiotrapi (100 orang), D3 Bidan (182 orang), dan D4 Bidan Pendidik (223 orang).

Warsiti selaku Rektor Unisa mengatakan, kali ini Unisa mempersembahkan kado bagi NKRI, berupa tenaga kesehatan terdidik yang siap berbakti bagi ibu pertiwi.

Unisa yang berlandaskan pada filosofi Profesional-Qur’ani, memiliki visi Universita berwawasan kesehatan pilihan dan unggul berdasarkan nilai-nilai Islam yang berkemajuan. “Oleh karena itu, lulusan unisa selain memeliki kompetensi professional di bidang kesehatan juga mengemban amanah dakwah amar makruf nahi munkar,” terang Warsiti, pada Rabu (16/8).

Sebanyak 228 lulusan meraih predikat cumlaude. Indeks prestasi komulatif (IPK) dengan nilai tertinggi pada program diploma 3,98, dan rerata 3,47; sedangkan program sarjana IPK tertinggi 3,95, dan rerata 3, 41.Selama menempuh pendidikan mahasiswa juga terlibat dalam berbagai program ekstrakuliker seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan melakukan student exchange dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. “Semua upaya itu pada dasarnya untuk memperkaya para lulusan unisa dengan soft skills maupun hard skills,” tuturnya.

Lanjut Warsiti, sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah, para alumni siap menghadapi tantangan dan tuntutan kerja ke depan yang makin kompleks. “Dengan kompetensi yang dimiliki, lulusan unisa siap berkompetensi di tingkat global,” ujarnya.

Kemudian, ia juga mengungkapkan bahwa Unisa baru-baru ini mendapat kepercayaan dari pemerintah melalui menteri riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mengembangkan institusinya. “Menristekdikti menyetujui dibukanya program studi Gizi program sarjana, dan Teknik informatika program sarjana. Prodi baru tersebut melengkapi program studi yang dianataranya ada di fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) yang terdiri dan prodi Sarjana Ilmu Keperewatan, Sarjana Fisiotrapi, Profesi Ners, dan lain-lain,” imbuhnya.

Diakhir ia menjelaskan, komitmen Unisa adalah mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan kesehatan dan berdasarkan nilai-nilai Islam berkemajuan. “Unisa mengembangkan kajian dan pemberdayaan perempuan dalam kerangka Islam berkemajuan,” tutupnya.  (tuti)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *