Senin, 21 Agustus 2017
Home/ Berita/ Gerakan Literasi Sekolah untuk Tingkatkan Minat Baca Tulis Siswa

Gerakan Literasi Sekolah untuk Tingkatkan Minat Baca Tulis Siswa

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LEBAKSIU - SMK Muhammadiyah Lebaksiu membentuk kelas interaktif Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk mengembangkan minat menulis dan membaca, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Kamis.

Hendra Apriyadi, selaku  Ketua GLS SMK Muhammadiyah Lebaksiu mengatakan bahwa guru dapat memberikan motivasi kepada siswa dengan cara meluangkan waktu untuk membaca buku selama 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung.

“Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan intisari dari apa yang sudah dibacanya kemudian guru memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Ini cukup efektif untuk meningkatkan minat baca,” ujar Hendra (11/8).

Sementara Andi Riswandi, Kepala Sekolah mengatakan bahwa meningkatkan minat baca khususnya di lingkungan sekolah dapat dilakukan oleh seluruh warga sekolah.

“Minat baca yang tinggi akan berbanding lurus dengan dampak yang dihasilkan dari aktivitas membaca. Membaca bisa menjadi jendela dunia,” kata Andi.

Iis Ariska, salah satu siswa SMK Muhammadiyah Lebaksiu mengatakan bahwa dengan banyak membaca akan dapat menambah wawasan dan inspirasi.

“Membaca adalah kegiatan positif, semoga SMK Muhammadiyah Lebaksiu bisa terus mendorong siswa agar meningkatkan minat baca,” ujar Iis. (nisa)

Reporter:  Ais R

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *