Senin, 21 Agustus 2017
Home/ Berita/ Muhammadiyah Tingkatkan Kualitas dan Pengembangan Pendidikan Kedokteran

Muhammadiyah Tingkatkan Kualitas dan Pengembangan Pendidikan Kedokteran

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA --- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhamamdiyah Haedar Nashir mengungkapkan, bahwa saat ini Muhammadiyah sedang bersinergi dalam beberapa hal, yakni dalam program pengembangan kualitas Fakultas Kedokteran dan penyelenggaraan Pendidikan Kodekteran.  

“Ini merupakan kepentingan untuk pengembangan kader yang memperoleh pendidikan di Fakultas Kodekteran dari berbagai daerah yang memerlukan kriteria dan proses mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang sesuai dengan standar Fakultas Kodokteran,” jelas Haedar dalam kegiatan ‘Rapat Koordinasi Sinergi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Penyelenggara Fakultas Kodekteran untuk Indonesia Berkemajuan’, Rabu (9/8) di Aula Kantor PP Muhammadiyah Cik Ditiro Yogyakarta.

Lanjut Haedar, melaui rapat ini Pimpinan Pusat Muhammadiyah dapat menjaring keperluan, kebetuhan dan kepentingan yang terdapat di daerah dalam hal tenaga dokter. “Tentu hal ini sebenarnya menjadi persoalan yang tidak sederhana, tetapi beberapa Fakultas Kedokteran sudah memulai untuk kepentingan kaderisasi,” terang Haedar.

“Kemudian, pengembangan rumah sakit dan poliklinik Muhammadiyah dibawah PKU juga berdasarkan dari hasil muktamar lalu, kita ingin adanya gerakan seribu klinik yang memerlukan kerjasama dengan PTM dan fakultas kedokteran,” terang Haedar.

Tidak hanya itu, Haedar mengatakan bahwa hal ini merupakan sinergi untuk peningkatan kualitas dan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan bagi Fakultas Kedokteran, rumah sakit, dokter, dan sebagianya yang termasuk bagian dari Muhammadiyah.

“Muhammadiyah ini punya paham agama, oleh karena itu prinsip-prinsip organisasi perlu diinternalisasikan, sosialisasikan, dan diinstitusionalisasikan sehingga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan menjadi jiwa alam pikiran dan bagian dari system,” ujar Haedar.

Diakhir Haedar berharap, kedepan adanya peningkatan terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi dosen dan dokter, dimana outcome nya dapat menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kepentingan daya saing umat dan bangsa yang membawa misi dakwah.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Bendahara PP Muhammadiyah Marpuji Ali, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas, Dahlan Rais, Agus Taufiqurrahman, Busyro Muqoddas, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Edy Suandi Hamid, Rektor dari beberapa PTM, serta Dekan Fakultas Kedokteran dari beberapa PTM. (tuti)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *