Sabtu, 25 Mei 2019
Home/ Berita/ Bermula dari Kampung Kauman, Kini Tapak Suci Putera Muhammadiyah Telah Mendunia

Bermula dari Kampung Kauman, Kini Tapak Suci Putera Muhammadiyah Telah Mendunia

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Ratusan pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah  turut semarakkan milad Tapak Suci Putera Muhammadiyah ke-54 yang diadakan di Halaman Masjid Gede Kauman Yogyakarta Ahad (30/7).

Afnan Jauhari KetuaUmumPimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah menekankan bahwa di usia ke 54 iniTapak Suci telah berkembang begitu pesat.“Atas anugerah besar ini, kita bisa berkembang pesat yang hanya berawal dari kampung Kauman ini hingga sekarang merambat ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara,” ucap Afnan.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais mengungkapkan rasa bangganya kepada Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Dahlan juga mengamanatkan bahwa alangkah baiknya jika Muhammadiyah mulai memperluas jangkauan dakwahnya dengan masuk dan mengembangkan cabang olahraga lain.

“Karena saat ini hanya bela diri Tapak Suci yang menjadi kesenian sekaligus media dakwah Muhammadiyah dalam bidang olahraga,” terang Dahlan.

Semarak milad Tapak Suci ini turut dihiasi dengan penampilan-penampilan bela diri dari pendekar-pendekar Tapak Suci. Beberapa tim pendekar yang menunjukkan kelihaian mereka dalam seni bela diri ini ialah tim Tapak Suci SMA 7 Muhammadiyah Yogyakarta, tim pendekar Tapak Suci Jawa Tengah, serta tim pendekar Tapak Suci Jawa Timur yang berhasil memenangkan kejuaraan nasional Tapak Suci di Malang yang telah berlansung pada Desember 2016 lalu.

 Tak hanya pendekar-pendekar dari dalam negeri, namun beberapa pendekar Tapak Suci dari Aljazair, Tunisia, dan Mesir juga turut hadir bahkan menampilkan kehebatan mereka di atas panggung resepsi milad Tapak Suci Putera tersebut. Hal ini membuktikan bahwa di umur yang setengah abad tersebut, seni bela diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah telah berhasil berkembang pesat hingga ke ranah internasional. (jaya/khamdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *