Selasa, 19 Desember 2017
Home/ Berita/ Komisioner KPAI: Hari Pertama Sekolah Menjadi Momentum Membangun Kesepahaman Orang Tua dan Sekolah

Komisioner KPAI: Hari Pertama Sekolah Menjadi Momentum Membangun Kesepahaman Orang Tua dan Sekolah

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Momentum hari pertama masuk sekolah merupakan waktu yang sangat penting bagi seorang anak dan orang tua. Hari pertama sekolah bagi anak akan bermakna karena menjadi awal memasuki sekolah baru bagi mereka yang masuk kelas satu atau awal suasana baru bagi mereka yang sudah memasuki tahun kedua atau lebih.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengatakan bagi anak yang baru masuk sekolah tersebut untuk pertama kalinya, tentu penting untuk bagi orang tua memberikan semangat, dorongan, dan kepercayaan.

“Tidak semua anak datang ke sekolah baru dengan perasaan senang dan mantap. Ada beberapa anak yang merasakan kegalauan, keraguan, dan kecemasan apakah mereka akan menikmati hari pertama sekolahnya. Peran orang tua sangat penting untuk selalu memberi dukungan dan dorongan agar anak dapat melewati hari pertama sekolahnya dengan nyaman dan bahagia,” jelas Rita ketika dihubungi Senin (17/7).

Kembali dilanjutkan Ketua Bidang Kemasyarakatan Nasyiatul Aisyiyah (NA) ini bahwa hari pertama sekolah bagi anak-anak yang tahun sebelumnya sudah berada di sekolah tersebut juga menjadi bagian penting. Kelas baru, wali kelas baru, usia yang lebih matang, pelajaran, hingga teman baru adalah pengalaman yang dinanti anak-anak setelah libur panjang.

“Orang tua perlu meyakinkan bahwa anak-anak pasti akan dapat melewati hari-harinya di sekolah dengan menyenangkan.  Tak lupa orang tua perlu menyampaikan jika ada masalah di sekolah anak-anak dapat menyampaikannya kepada  orang tua,” terang Rita.

Bagi orang tua, mengantar anak ke sekolah merupakan bagian dari membangun komitmen atas pendidikan anak. Pendidikan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah tetapi juga tanggung jawab orang tua.

“Hari pertama menjadi momentum orang tua mendapatkan gambaran tentang sekolah anaknya sekaligus membangun kesepahaman orang tua dan sekolah,” pungkas Rita. (adam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *