Senin, 18 Desember 2017
Home/ Berita/ UM Purworejo Dorong Peningkatan Budaya Literasi

UM Purworejo Dorong Peningkatan Budaya Literasi

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO -- Menjawab keresahan akan  lemahnya budaya literasi yang menjangkiti generasi bangsa, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) selenggarakan seminar nasional bahasa sastra dan budaya di Auditorium Kasman Singodimedjo UMP.

Seminar Nasional Bahtera (Bahasa Satra dan Budaya) kali ini merupakan yang pertama dan direncanakan akan diselenggarakan tiap tahun dengan mengambil momentum pada Bulan Bahasa.  

Sugeng Eko Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UMP mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.“Penyelenggaraan forum semacam ini sangat penting sebagai salah satu cara membudayakan budaya literasi bagi generasi muda. Budaya literasi sangat penting. Karena mendukung kemajuan bangsa,” ungkap Eko dalam sambutannya, Sabtu (15/7).

Seminar nasional tersebut mengangkat tema “Implementasi Gerakan Literasi menuju Masyarakat Mandiri Berkemajuan”, dan diikuti oleh kurang lebih 311 peserta dengan 71 peserta pemakalah pendamping dan 240 peserta non pemakalah, yang terdiri dari berbagai kalangan yakni mahasiswa sarjana, pasca sarjana, guru dan dosen  berasal dari daerah Jawa, Sumatra, DIY, Sulawesi, Jakarta dan lainnya.  

Suryo Daru perwakilan panitia penyelenggara menyampaikan, penyelenggaraan seminar kali ini menjawab keprihatinan akan budaya literasi yang berdasarkan hasil penelitian FISA UNESCO Indonesia menempati posisi 65 dari 67 negara di dunia.

“Harapannya dengan agenda ini dapat meningkatkan kesadaran dalam budaya literasi membaca menulis khususnya bagi pelajar melalui guru dan mahasiswa untuk hadapi kemajuan zaman ke depan,” tutup Suryo. (tuti)

Kontributor : Akhmad Musdani 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *