Selasa, 19 Desember 2017
Home/ Berita/ Film Nyai Ahmad Dahlan The Movie Akan Segera Hadir di Bioskop

Film Nyai Ahmad Dahlan The Movie Akan Segera Hadir di Bioskop

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Sosok Nyai Walidah bagi sebagian masyarakat cukup asing didengar. Masyarakat lebih familiar dengan sebutan Nyai Ahmad Dahlan. Ya, dia adalah istri dari KH Ahmad Dahlan, pendiri organisasi Islam terbesar Muhammadiyah.

Nyai Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan merupakan merupakan tokoh emansipasi perempuan dari Kauman, kampung santri di Yogyakarta. Pada zamannya, Nyai Ahmad Dahlan ini menjadi panutan kaum perempuan. Nyai Ahmad Dahlan ini pernah menjadi perempuan yang memimpin Kongres Muhammadiyah tahun 1926.

Agar perjuangan dan cerita panjang keterlibatan Nyai Ahmad Dahlan dan pergerakan kaum perempuan tidak usang ditelan zaman, pihak keluarga KH Ahmad Dahlan membuat sebuah film yang berjudul Nyai Ahmad Dahlan The Movie.

Dalam waktu dekat ini Film Nyai Ahmad Dahlan The Movie ini akan segera dapat dinikmati masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam pada Minggu ketiga bulan Agustus 2017 di jaringan Bioskop 21 di seluruh Indonesia.

Disampaikan M Izzul Muslimin tim Promo Film Nyai Ahmad Dahlan (NAD) bahwa film ini menjadi kado bagi Peringatan Kemerdekaan RI yang ke 72 pada bulan Agustus yang akan datang.

“Film ini akan menjadi kado bagi bangsa Indonesia, dan persyarikatan Muhammadiyah secara khusus,” ucap Izzul, Rabu (7/6) saat melakukan audiensi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

Muhadjir menyatakan bahwa pemerintah sangat mensupport film-film nasional yang dapat menumbuhkan semangat dan nilai nilai perjuangan. Selain itu, Muhadjir juga mengimbau agar masyarakat dapat menjadikan Film Nyai Ahmad Dahlan sebagai tontonan dan sekaligus tuntunan yang sangat mendidik.

“Film ini hadir pada saat yang tepat, ketika Bangsa Indonesia merindukan sosok yang bisa menjadi teladan, yang bersedia mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk kepentingan umat dan bangsa,” pungkas Muhadjir.

Film yang disutradarai oleh Diah Paramita ini didukung pemain-pemain film kenamaan Indonesia, diantaranya Tika Bivrani, pemeran Fatwamati dalam film Soekarno yang memainkan peran sebagai Nyai Ahmad Dahlan. Sementara KH Ahmad Dahlan diperankan David Chalik. Selain itu film ini juga didukung belasan kader bahkan aktivis Muhammadiyah. (adam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *