Kamis, 25 Mei 2017
Home/ Berita/ Satu Abad 'Aisyiyah Beri Kontribusi Besar di Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Satu Abad 'Aisyiyah Beri Kontribusi Besar di Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

SLEMAN, MUHAMMADIYAH.OR.ID – Mengangkat tema Memajukan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Mencerdaskan Generasi Emas Bangsa, Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menggelar kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Kamis (18/5).

Bertempat di hall gedung B kampus terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jalan Ringroad Barat, Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, ‘Aisyiyah ingin menampilkan kiprah ‘Aisyiyah selama 1 Abad khususnya dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari gelaran Milad 1 Abad 'Aisyiyah, yang telah berkiprah selama 100 tahun memajukan pendidikan anak dan perempuan Indonesia.

Sebagai organisasi perempuan terbesar dan tertua, ‘Aisyiyah telah berkontribusi besar terhadap hadirnya pendidikan anak usia dini di Indonesia. “ ‘Aisyiyah patut berbangga karena 25% TK  yang ada di Indonesia dikelola oleh ‘Aisyiyah,” ujar Muhadjir Effendi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Muhajir Effendy juga mengapresiasi tema rembuk nasional yang diusung oleh ‘Aisyiyah, ia mengakui betapa pentingnya pendidikan anak usia dini dan berharap kedepannya akan semakin banyak lapisan masyarakat yang menaruh perhatian akan hal tersebut..

Menurut Ketua PP Muhammadiyah ini, Pendidikan Anak harus dimulai dari Pendidikan Ibu. “Ibu ini merupakan central dalam pendidikan anak. Tidak hanya di bawah 5 tahun. Tapi di bawah dua tahun lebih penting”, katanya.

Mantan Rektor UMM ini juga mendorong ‘Aisyiyah untuk melakukan program parenting yakni Parenting education untuk menyiapkan pendidikan pelatihan bagi orang tua sebagai pendidik, mulai dari anak masih dalam kandungan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Siti Noordjanah Djohantini, mengatakan bahwa pendidikan anak usia dini yang merupakan usia emas adalah sangat penting.

“Menjadi penting bagaimana membentuk anak di usia dini karena saat ini belum sepenuhnya perhatian tercurah untuk pendidikan anak usia dini,” ujar Noor.

Noordjannah menambahkan bahwa ‘Aisyiyah sangat menaruh perhatian akan hal tersebut karena itu diharapkan dalam rembuk ini akan dibicarakan bagaimana kita bersama-sama bisa memperbaiki pendidikan usia dini untuk membentuk karakter anak Indonesia yang lebih baik.

Sebagai bentuk kepedulian ‘Aisyiyah atas kualitas pendidikan anak usia dini pada acara ini juga diberikan beasiswa guru PAUD ‘Aisyiyah yang bekerjasama dengan Kemendikbud RI, Program CSR, LAZISMU dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Penyerahan beasiswa ini diberikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bersama Mendikbud yang diserahkan secara simbolis kepada dua orang perwakilan guru penerima beasiswa.(adam/ dzar)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *