Senin, 18 Desember 2017
Home/ Berita/ SMA Muhammadiyah 2 Siodarjo Adakan Literasi Menulis Bersama Penulis Novel AADC

SMA Muhammadiyah 2 Siodarjo Adakan Literasi Menulis Bersama Penulis Novel AADC

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SIDOARJO -- Penulis novel Ada Apa Dengan Cinta (AADC), Nadia Silvarani mengisi seminar pada acara Smamda Festival di Aula KH. AR Fachruddin SMA Muhmmadiyah 2 Sidoarjo (10/5).

Penulis novel yang juga alumni Sastra Perancis Universitas Indonesia ini membagikan pengalamanya sebagai salah satu penulis muda yang produktif untuk merangsang dan menumbuhkan budaya menulis di lingkungan siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.

“Sebuah tulisan dapat diperoleh melalui proses melihat, mendengar dan merasakan. Hal tersebut dilakukan untuk memperkaya kemampuan dan pengalaman empiris panca indera dalam sebuah tulisan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Nadia juga mengungkapkan betapa pentingnya menjaga konsistensi dalam menulis. Tulisan yang konsisten akan memudahkan penyampaian pesan yang ingin disampaikan ke pembaca. Sebaliknya, apabila sebuah tulisan tidak memiliki konsistensi ide, maka pembaca akan kebingungan dan tidak tertarik melanjutkan membacanya hingga akhir.

“Tujuan menulis supaya kita bisa berkomunikasi dengan orang lain, dan lebih dari itu, tulisan kita bisa bermanfaat untuk orang lain, maka dibutuhkan ide dan konsep yang jelas saat kita akan memulai menulis,” ungkapnya.

Di akhir Nadia menyampaikan bahwa sikap rendah hati dan tidak arogan juga akan menunjang penulis untuk mendapatkan beragam sudut pandang dalam menulis. (nisa)

Kontributor: Hanafi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *