Kamis, 27 April 2017
Home/ Berita/ Hadir di UMP, Menteri Susi Berharap UMP Hasilkan SDM Ahli Kelautan dan Perikanan

Hadir di UMP, Menteri Susi Berharap UMP Hasilkan SDM Ahli Kelautan dan Perikanan

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOKERTO - Pembangunan Indonesia di masa pemerintahan Jokowi saat ini menjadikan laut masa depan bangsa. Ini karena, cita-cita besar yang tengah diperjuangkan yakni menjadi negeri poros maritim dunia. Maka dari itu, seluruh elemen bangsa dipersiapkan untuk merealisasikan mimpi tersebut.

Tidak terkecuali Pendidikan Tinggi (PT), sebagai lembaga yang mencetak akademisi-akademisi handal, PT diharapkan turut memberikan sumbangsih SDM melalui penelitian-penelitiannya di bidang perikanan dan kelautan.

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), di bawah kepemimpinan Susi Pudjiastuti tengah berupaya keras mendorong PT agar turut dalam tugas mulia ini. Hal tersebut juga disampaikan Menteri Susi saat kedatangannya ke Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dalam agenda Rapat Senat Terbuka Pidato Milad ke-52 UMP, kemarin (19/4).

Dengan pidato bertemakan “Peranan Perguruan Tinggi Dalam Menjaga Kedaulatan Maritim Untuk Indonesia yang Sejahtera”, Susi mengajak UMP untuk turut menyediakan pakar-pakar bidang kelautan dan perikanan.

“Saya harapkan perguruan tinggi dapat memprioritaskan pendidikan kelautan dan perikanan. PT diarahkan untuk menyediakan akademisinya berperan dalam menjaga kekayaan laut Indonesia. UMP dalam hal ini sangat berpotensi melakukan hal ini,” ungkap Susi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UMP, Anjar Nugroho mengatakan, peran perguruan tinggi dalam menjaga kedaulatan maritim yakni dengan menciptakan sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan.

"Kami menyediakan SDM, dan di situ fokusnya kepada penyediaan SDM. Kami ingin menciptakan SDM-SDM di bidang kemaritiman, kelautan, perikanan yang dibutuhkan untuk pembangunan bangsa”, pungkas Anjar.

Sumber: Humas UMP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *