Senin, 17 Juni 2019
Home/ Berita/ MBS Purworejo Siapkan Kader Peduli dan Cinta Lingkungan

MBS Purworejo Siapkan Kader Peduli dan Cinta Lingkungan

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO – Muhammadiyah Boarding School (MBS) Purworejo bekerjasama dengan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyahmengadakan pelatihan peduli lingkungan pada Senin hingga Rabu (27-29/3). Kegiatan yang diikuti oleh 17 peserta tersebut bertempat di Kompleks Muhammadiyah Boarding School Purworejo, Desa Pituruh, Purworejo.

Direktur MBS mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai sarana belajar agar pelajar mampu memahami dan mempedulikan kelestarian alam serta lingkungan sekitar.

“Rangkaian pelatihan diwujudkan dalam berbagai macam bentuk seperti seminar, motivasi, diskusi, FGD serta outbond. Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Kader Muda Pelajar Muhammadiyah Yang Paham dan Peduli akan Kelestarian Alam dan Lingkungan Sekitar”, peserta dipersiapkan pula untuk siap menghadapi tantangan zaman yang semakin dinamis dengan siap berinovasi untuk memberikan solusi terutama dalam hal permasalahan lingkungan,” ujarnya.

Adapun materi yang dibedah dalam pelatihan ini adalah keislaman, kemuhammadiyahan, keorganisasian, ke-IPM-an dan Pengelolaan Lingkungan terkait sampah dengan dalam pengenalan Komunitas Bank Sampah dan TPST3R oleh Wakhid Habib selaku Direktur serta Pengenalan Program Sodaqah Sampah yang merupakan program kerjasama antara IMM-IDP-MPMPurworejo.  

Sementara Teguh Gus Setiawan, Pembimbing IPM MBS Purworejo mengatakan bahwa siswa harus mampu menerapkan  ilmu yang di dapat pada kegiatan ini dalam kehidupan sehari-hariserta menjadi generasi Islam yang peduli dan cinta terhadap lingkungan.

 “Santri dapat memandang sampah sebagai sesuatu yang tidak hanya sesuatu yang tidak berharga dan merusak lingkungan. Tapi peserta dapat melihat sampah sebagai sesuatu yang bernilai ekonomis dan berdaya bagi lingkungan hidupnya” ujar Teguh Gus Setiawan selaku salah satu Pembimbing PR IPM MBS Purworejo.

Dalam pelaksanaannya dibantu instruktur PD IPM Purworejo dan panitia lokal PR IPM MBS Purworejo. Kegiatan ditutup dengan out bond bersama sembari mempelajari kondisi lingkungan di sekitar Desa Pituruh. (nisa)

 

Kontributor: Akhmad Musdani

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *